Google
 

Trik Bikin Kompor Portabel Dari Kaleng


Penasaran? Bagaimana Caranya?
Ini adalah Kompor Portabel Sederhana yang terbuat dari Kaleng Minuman dengan bahan bakar Alkohol, disini saya akan memerikan Trik bagaimana cara membuatnya Mulai dari A s.d. Z. Silahkan baca baik-baik langkah demi langkah berikut dibawah ini :
PERSIAPAN ALAT :
1. Kaleng Minuman
stove portable, stove miniatur, buat kompor miniatur, kompor kecil dari kaleng
1. Persiapkang Kaleng Minuman, terserah kaleng minuman jenis apa aja, yang penting bawahnya tidak penyok dan kondisinya masih bagus
2. Amplas
stove portable, stove miniatur, buat kompor miniatur, kompor kecil dari kaleng
2. Amplas dengan Grit 320 atau lebih tinggi
3. Mata Pisau
stove portable, stove miniatur, buat kompor miniatur, kompor kecil dari kaleng
Cari pisau yang tajam
4. Paku Payung
stove portable, stove miniatur, buat kompor miniatur, kompor kecil dari kaleng
4. Paku payung
5. Hanger

5. siapkan hanger kawat
6. Fiberglass (opsioanal, tapi disarankan!)
7. Alkohol dalam kemasan
Siapkan Alkohol didenaturasi atau 91% isopropil alkohol, atau Spritus!
Setelah persiapan sudah OK, kita masuk ke cara kerjanya, perhatikan baik-baik langkah demi langkah berikut :
CARA KERJA :
Amplas kedua Kaleng minuman

1. Amplas kedua kaleng tersebut, amplas sampai beberapa cm dr tinggi kaleng, Usahakan amplas semulus mungkin agar sempit dan menghindari kebocoran
Jika kaleng ada isinya, pindahkan isi didalamnya ke gelas yang kosong

2. Pindahkan isinnya dalam gelas yang kosong
Potong kalengnya

3. Ukur kaleng dari bawah, potong kaleng menjadi beberapa inchi dari bawah (terserah anda mau potong berapa inchi)

4. Jika sudah menemukan berapa inchi yang dipotong, potong dengan Pisau yang tajam. Agar mudah memotongnya anda bisa tandai dengan Spidol area yang akan dipotong dan saat memotongnya topang pisaunya dengan buku agar hasil potongannya sempurna.

5. jadilah hasilnya seperti pada gambar, Tips : setelah dipotong, Amplas permukaannya tepinya sampai halus seperti pada gambar diatas.

6. Setelah anda puas dengan hasil pertama, sekarang buatlah miniatur yang kedua. untuk memudahkannya, anda bisa sisipkan miniatur pertama ke bawah kaleng kedua sampai bener-bener masuk. Cara ini dilakukan agar mendapatkan hasil miniatur kedua persis dengan miniatur pertama. Setelah selesai, lakukan cara yang sama dari Langkah 1 s.d 3 tadi.

7. Taruhlah Bahan Fiberglass di dalam miniatur, ini opsional tapi Penting!. fungsi fiberglass adalah menjaga kebocoran bahan bakar dari luar, dia akan selalu bergerak terus jika dinyalakan dan juga menjaga bahan bakar yang tidak terpakai pada saat proses pembakaran.
lubangi bawah miniatur dengan paku payung

8. Lubangi bawah kaleng miniatur dengan paku payung, dengan formasi seperti pada gambar diatas. Ini dilakukan agar ada aliran udara yang masuk jika tekanan didalam tidak cocok.
Pasangkan keduanya

9. Pasangkan kedua minitaur tersebut tepat pada bibir bawah masing-masing

10. jika anda mengalami kesulitan, gunakan amplas untuk memuluskan agar kedua miniatur benar-benar lekat.

11. Press dengan kuat agar keduanya rapat dan tidak bisa dibuka!
Buatlah 16 Lubang

12. Kompor portabel ini perlu 16 lubang untuk memunculkan celah api dari hasil pembakaran. sekarang buatlah 16 lubang dengan paku payung dengan formasi diatas.
Buat miniatur pegangan panci

13. Sekarang buatlah pegangan panci dari kawat Hanger. Tinggi idealnya adalah antara 1/2 inchi sampai 1 inchi. buatlah pegangan pancinya seperti di atas.
14
Jangan lupa untuk Menggosok kawatnya secara halus dengan amplas
Pengujian

14. Kompor portabelnya udah selesai dibuat. Sekarang tinggal pengujiannya!. Masukkan Alkohol pemanas ke dalam kompor, anda bisa siramkan sebanyak 3 sendok makan

15. Panaskan kompor dengan korek atau pemantik api. pemanasan hanya butuh beberapa detik saja.

Setelah pemanasan selesai, maka secara otomatis api akan keluar dari 16 celah lubang itu. Lihatlah dengan bahan bakar alkohol, api yang dihasilkan sangat bersih dan berwarna biru. Dan sekarang anda tinggal meletakkan Pegangan panci diatasnya!
Pengujian dengan Memasak Air

Cobalah anda memasak air dengan Kompor Portabel ini.
http://kaptenagil.wordpress.com/2010/01/24/trik-bikin-kompor-portabel-dari-kaleng-minuman/#comment-494

1 komentar:

Ibu.Solimah di majalengka mengatakan...

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu,saya dari Ibu Solimah sekeluarga mengucapkan banyak terimah kasih kepada MBAH KASURI atas bantuanya kini impian saya selama ini sudah jadi kenyataan dan berkat bantuan MBAH KASURI pula yang telah memberikan angka jitu kepada saya yaitu 4D dan alhamdulillah angka yang diberikan mbah bener-bener tembus. sekali lagi makasih ya MBAH karna waktu itu saya cuma punya uang Rp.200 ribu buat pasan angkanya dan akhirnya saya menang. Berkat angka gaib hasil meditasi ritual MBAH KASURI saya sudah bisa bangkit dari keterpurukan juga udah buka usaha yang dijalankan suamiku dan kini kehidupan keluarga saya jauh lebih baik dari sebelumnya,bagi anda yg ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH di: 0853 4646 0388 atau silahkan KLIK DISINI ramalan MBAH KASURI memang memiliki ramalan GAIB” yang insy allah dijamin tembus 100%. makasih atas tumpanganya moga tetap jp !!!


Poskan Komentar

Google
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...