Google
 

Windows Baru Pengganti Windows Vista

“Windows 7”
Windows baru di tahun 2008

Saat ini beberapa partai politik di Indonesia sedang mengelus-elus jagonya yang akan diadu pada Pemilu 2009. Pada saat yang sama, Microsoft juga sedang mengelu-elus jago barunya, yaitu sistem operasi yang diberi nama Windows 7. Windows 7 diharapkan oleh para petinggi Microsoft dapat menggantikan Windows Vista yang dinilai gagal mengeser pendahulinya yaitu Windows XP.

Untuk memenuhi harapan tersebut, Windows 7 dilengkapi dengan kemampuan baru, selain diperbaiki dari kemampuan yang selama ini sudah ada. Mike Nash, Wakil presiden produk-produk Windows mengatakan, dengan Windows 7 pemakai dapat mengerjakan hal yang tersulit (bahkan tidak mungkin) dengan Windows sebelumnya. Misalnya saja, menggunakan komputer yang selama ini banyak mengandalkan keyboard dan mouse, akan diperluas lagi dengan layar sentuh (dengan kemampuan beberpa titik sentuhan sekaligus, tidak hanya satu titik seperti selama ini) dan penggunaam suara untuk mengendalikan komputer.


Beberapa perbaikan yang dilakukanoleh Microsoft diantaranya adalah dari segi tampilan, kinerja dan integrasi. Dari segi tampilan, Windows 7 menggunakan model tampilan pita (ribbon) seperti pada Microsoft Office 2007. Dengan tampilan pita, tidak ada lagi menu atau ikon yang tersembunyi, sehingga memudahkan pemakaian. Perbaikan kinerja dilakukan secara menyeluruh terhadap berbagai program bawaan Windows sebelumnya, seperti Internet Explorer, Windows Explorer, MS Paint dan MS Wordpad. Teknologi tampilan sendiri akan menggunakan teknologi baru yang diberi nama scenic. Scenic memungkinkan pemakai untuk mengubah berbagai tampilan sesuai dengan selera dan kebutuhan mereka, namun tetao konsisten dan menarik.

Integrasi dapat langsung dilihat pada Windows Explorer yang jauh lebih digdaya dibandikan dengan versi sebelumnya. Pada versi baru ini, file-file jenis gambar, audio, dokumen, bahkan hasil unduhan, disatukan dalam lokasi yang disebut Libaries (perpustakaan). Kalupada versi sebelumnyam Windows Explorer hanya digunakan untuk mengelola file-file (menghapus mengganti nama, memindahkan), kini sudah dlengkapi dengan kemampuan untuk mencopot (uninstall) program dengan meni yang tersedia (sebelumnya harus melalui Control Panel).

Kemampuan lain diantaranya adalah adanya fasilitas pengganti wallpaper secara otomatis berdasarkan waktu (misalnya tiap 10 menit), sehingga pemakai tidak bosan melihat tampilan layer yang itu-itu terus. Lalu kemempuan menghadang virus dan berbagai program penggangu dan perusak lainnya, juga diperbaiki secara signifikan. Namun ada juga kemampuan (software) yang dihilangkan dari Windows, sebagai akibat dari berbagai tuntutan pengadilan di banyak Negara. Program-program seperti Windows Mail, Windows Movie Maker, dan Windows Photo Gallery, tidak lagi menjadi program bawaan namun harus diinstal (dan dibeli) secara terpidah. Selain itu, Microsoft secara sukarela juga tidak lagi menyediakan Windows Sidebar yang selama ini disediakan di Windows Vista. Sebagai gantinya. Microsoft menyediakan Desktop Gadget Gallery.

Fitur-fitr Baru

Windows 7 memiliki kemampuan baru, diantaranya adalah Akslerasi, Sensor, Virtualisasi. Akslerasi merupakan kemampuan komputer untuk bekerja secara terpadu. Selama ini, yang sudah biasa kita kenal adalah perpaduan antara program komputer dalam satu keluarga, seperti MS Word, MS Excel, MS Power Point dalam keluarga MS Office. Kini kemampuan Akselerasi berlaku bagi hamper semua jenis data. Ketika anda menulis “Pameran Komputer” misalnya, Anda dapat langsung menghubungkan dengan Blog Anda, kelender, ensiklopedia, E-mail, peta, bahkan ke kontak atau nomor telepon. Gambaran yang paling dekat mungkin seperti Wikipedia. Di Wikipedia, satu paragraph artikel dapat terdiri atas puluhan Link (tautan), demikian juga dengan Akselerasinya.

1 komentar:

Sekolah Tinggi Managemen Informatika dan Komputer (STMIK)Jakarta mengatakan...

saya baru install windows 7 nih, mantap bin keren gan :D

Poskan Komentar

Google
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...