Google
 

SOFTWARE BAGUS DAN TANPA INSTALL

Salah satu kesulitan utama pemakai komputer adalah mahalnya software. Bayangkan, untuk sistem operasinya saja, harus disediakan anggaran dana sampai 1 juta, sedangkan untuk program-program aplikasi bisnis (seperti pengolahan kata, pengolahan angka, dan program presentasi) bahkan memerlukan dana yang lebih besar lagi. Namun, sekarang juga banyak sistem operasi dan program aplikasi yang beredar secara gratis, misalnya Linux (untuk sistem operasi) dan Open Office serta Star Office (untuk program Aplikasi).

Meskipun sudah ada program gatis, namun masih ada kesulitan berikutnya, yaitu menginstall program. Tak semua pengguna komputer dapat menginstal program, namun meskipun dapat menginstal, masih memerlukan kapasitas ruang di hardisk. Kesulitan lain akan muncul bila pemakai Komputer harus berpindah ke lain tempat (misalnya dari rumah ke kantor). Bila saja di rumah seseorang menggunakan program yang berbeda di kantor, dan tidak semua program dapat saling membaca file datanya.

Kesulitan lain masih bisa muncul, bila ternyata Anda harus bekerja dengan teman atau kolega lain, apalagi tempatnya saling berjauhan. Memang selama ini dapat diatasi dengan saling berkirim file malalui email, tetapi tetap saja Anda tidak dapat saling berkolaborasi mengerjakan file secara bersama-sama.

Untuk mengatasi kesulitan tersebur, kini Google menyediakan jalan keluarnya. Melalui situsnya, yaitu di http://docs.google.com, Google menyesiakan dua aplikasi utama, yaitu spreadsheet dan dokumen. Dokumen adalah aplikasi pengolah kata seperti MS Word. Dengan program ini, pengunjung dapat mengelola dokumen seperti surat, artikel, atau tulisan lainnya.

Spreadsheet adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola data kolom, baik tulisan maupun angka (mirip MS Excel dan Lotus 1-2-3). Meskipun kemampuannya belum secanggih program-program komersial, namun Google berjanji akan terus meningkatkan kinerja program barunya ini.

Kemudahan dua program ungulan Google ini adalah tidak memerlukan instalasi sama sekali. Pengunjung hanya perlu membuka http://docs.google.com (dengan demikian memang harus memiliki koneksi internet)., login atau mendaftar dengan rekening google (misalnya yant.cybertrans@gmail.com), lalu dilayar akan segera ditampilkan pilihan, apakah mau membuka program spreadsheet, atau program word processor.

Karena berbasis Web (di Internet), maka sistem operasi apapun yang dimiliki pemakai, baik MS Windows, Mac OS/Tiger, Linux, dan sebagainya, tidak berpengaruh. Hampir semua operasi Komputer dapat membuka situs Internet, yang berarti bisa membuka aplikasi Google. Yang diperlukan oleh seorang pengunjung hanyalah program browser (Internet Explorer, Mozilla Firefox, Netscape Navigator, Opera, dan sebagainya). Untuk mengunakan program ini, tidak diperlukan instalasi setting.

Keuntungan menggunakan program ini ada beberapa, diantaranya adalah

  1. Hemat ruang di hardisk.
  2. Praktis karena tidak perlu menginstal
  3. Murah karena tidak perlu membeli program Komputer
  4. Selalu memakai program versi baru, karena kalau ada perbaikan akan langsung tersedia untuk user
  5. Ringkas, karena pengunjung tidak perlu menyimpan di hardisk atau flash disk, tetapi langsung di internet, sehingga kalau Anda harus berpindah-pindah tempat misalnya dari kantor ke rumah, atau bahkan ke seluruh penjuru dunia, Anda tidak akan nkelupaan membawa file. Selain keuntunga-keuntungan tersebut, Anda masih dapat bertikar file ddengan teman-teman dan kolega dari seluruh dunia, tanpa saling berkirim e-mail.

Meskipun memiliki berbagi keunggulan, program-program ini juga memiliki kelemahan. Kelemahan utama menggunakan program ini, diperlukan koneksi Internet, dan saat ini belum banyak pemakai kompuer yang memiliki koneksi Internet. Meskipun bisa diatasi dengan pergi ke warnet, tetapi tetap saja harus keluar dari rumah atau kantor, sehingga memerlukan biaya tambahan (meskipun murah) dan (waktu untuk menuju ke warnet).

Kelemahan lainnya adalah program-program ini saat ini belum memiliki fitur-fitur secangih program sejenis yang versi dekstop. Pemakai harus menunggu beberapa saat (bisa beberapa bulan maupun tahun), untuk menunggu keluarnya fasilitas-fasilitas yang canggih.

Hal yang masih menjadi tanda tanya adalah, apakah data yang disimpan di server Google bersifat aman. Meskipun Google salama ini belum mengalami pencurian data, namun pengunjung Internet harus tetap berhati-hati untuk mentimpan data di Internet. Prakrik yang baik adalah selain menyimpan data di Internet, pemakai juga mesti menyimpan data di hardisk lokal. Secanggih apapun Komputer, pembuatan bacup data merupakan hal yang tidak tergantikan.

1 komentar:

mazteronline mengatakan...

info bagus!

Poskan Komentar

Google
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...