Google
 

Situs YouTube dan Cara Mendownloadnya

Di sana ada film dokumenter Bung Karno sedang memimpin rapat Chuoo Sangi-in pada 17 Nopember 1944, pembacaan teks proklamasi dan syair lengkap (9 Bait) legu kebangsaan Indonesia Raya. Ada juga potongan video Tukul Arwana.

Bagi pemakai Internet, situs atau mesin pencari paling populer adalah Google, yang servernya sudah tersedia di banyak negara, termasuk Indonesia. Bagi pencari berita nasional, situs berita www.detik.com agaknya sudah menjadi standard tak tertulis. Sedang untuk para pemakai e-mail gratisan, dua situs yaitu www.yahoo.com dan www.gmail.com menyediakan kapasitas penyimpanan yang belum terkalahkan. Bagi penggemar kamus dan ensiklopedia untuk mencari ilmu, situs Wikipedia adalah satu-satunya situs bergensi yang memungkinkan pengunjung untuk ikut mengisi dan memperbaiki entri disana. Lalu situs apa yang menjadi standard para prcinta film, klip video dan gambar bergerak lainnya? Jawabnya adalah situs www.youtube.com


Seperti banyak pembuat Software dan situs Internet lainnya, situs YouTube juga dimulai dari garasi yang diubah menjadi kantor, oleh tiga mantan karyawan Paypal, yaitu Chad Hurley, Steve Chen dan Jawed Karim. Dilihat dari namanya, ketiganya berasal dari tiga suku bangsa yang berbeda. Situs ini didirikan secara resmi pada Februari 2005 dan disambut hangat oleh para netter (sebutan untuk pengunjung Internet) tidak mengherankan pada November 2006 Google membeli situs tersebut senilai AS $1.65 miliar, dengan kurs Rp 9.000,- per dolar, setara 1 triliun rupiah, yagn mendekati anggaran pendidikan kita yang :hanya” 20 trliun trupiah.

Situs YouTube sekarang meruoakan salah satu situs yang paling banyak dikunjungi netter. Bayangkan saja menurut statistik, perhari saja ada 100 juta klip video dilihat dari para pengunjung dan ada tambahan 65.000 klip video perhari. Hitungsaja setahun ada berapa film baru. Penunjung YouTube kebanyakan adalah (54%) pria dan sebagian besarremaja 17 tahun.

Hal ini dapat dimakumi karena situs ini memungkinkan pengunjung untuk meng-upload file film atau klip video, yang sudah barang tentu ukurannya jauh lebih besar dibanding file gambar. Kalau file JPG beresolusi tinggi ukurannya hanya berkisar 200-300 KB, file-file YouTube minimal berukuran 1 MB (itupun hanya film yang berdurasi beberapa detik saja). Untuk film berdurasi 10 menit bisa memakan tempat sebanyak belasan MB lebih. Nah, bisa di bayangkan bila Anda menggunakan koneksi Internet koneksi rendah, maka Anda tidak dapt menikmati tayangan film YouTube.

Dengan tersediannya layanan koneksi Internet berkecepatan tinggi (khususnya dengan koneksi 3G), mendownload maupun mengupload file-file berukuran besar (seperti file-file film dan video) tidak terasa membosankan. Untuk file-file berukuran 15MB hanya memerlukan waktu kurang dari 3 menit. Tetapi bila Anda menggunakan koneksi yang lambat (misalnya dial-up atau menggunakan koneksi telepon rumah), file sebesar itu harus didownload sembari melihat pertandingan sepak bola.

Bentuk File Film

Film yang disediakan oleh YouTube rata-rata berbentuk Flash Video (berakhiran FLV) dan sebetulnya hanya dapat dilihat langsung tanpa dapa didownload. Untuk melihat flm ini mutlak Anda memerlukan koneksi Internet berkecepatan MB/detik, dan dipastikan tidakakan cukup kalu menggunakan koneksi berukuran KB/detik. Pengunjung YouTube dibebaskan untukmengirim koleksi file-file film dengan berbagai jenis, meskipun nanti akan diubah menjadi file FLV. Setelah di upload dan disimpan di situs mereka, film dapat dinikmati oleh pengunjung, dengan player (pemutar) yang sudah disediakan oleh situs film tersebut.

YouTube tidak menyediakan layanan untuk download film, sehingga Anda tidakakan menemukan satu menupun yang dapat Anda gunakan untuk mengambil fiml dengan gratis. Namun di dunia Internet juga sangat banyak orang yang berbaik hati, termasuk yang mau membantu Anda mendownload file-file dari YouTube. Cari saja di www.google.com dengan kata kunci “YouTube Download” beberapa situs yang cukup banyk dipakai adalah www.youtubeex.com dan http://techcrunch.com/get-youtube-movie.

Untuk mendownload file fideo, Anda harus mencari dulu filenya di YouTube. Misalnya daja Anda ingin mendownload klip video Koes Plus, maka masukkan kata ëKoes Plusí ke kotak pencari. YouTube akan menampilkan beberapa pilihan (bila datanya memang ditemukan). Kliklah salah satu fiml yang ingin Anda lihat, YouTube akan mempertontonkan file yang Anda pilih.

Yang Anda prerlukan sebenarnya adalah alamat situsnya, maka salinah denga menekan Ctrl+C, lalu masukkanke situs pendownload (misalnya www.techcrunch.com ). Terakhir, kliklah tombol “Get Video” dan isikan nama file yang berarti, misalnya koes plus-bujangan.FLV. nama ile standar hanyalah berisi gabungan huruf dan angka yang tak berguna. Jangan lupa untuk menambahkan akhiran FLV, bila tidak, file Anda tidakakan dapat diputar.

Untuk memutar file yang telahanada ambil, Anda tidak dapat memutar menggunakan Windows Media Player atau WinAmp. Anda harus mendownload lagi dari Internet. Caranya dengan mencari lagi dengan situs www.google.com dengan kata kunci :”YouTubePlayer”. Salah satu pemutar file FLV yang cukup populer dan tangguh adalah FLV Player. Pemutar video ini tidak hanya dapat memutar file flash video, tetapi juga dapat digunakan untuk memutar file-file video lainnya, baik yang berekstensi MPEG, DAT, MP4, dsb. Sebetulnya ada juga pemutar lain seperti VLC, tetapi kelemahannya seringkali tidak dapat memutar file berukuran besar.

Pada waktu Anda menginstal FLV Player, Anda juga akan ditawari apakah akan menginstal pengonversi file film flash ke bentuk lain, file penonversi ini berukuran sangat besar (30 MB) untuk pemakai Internet berkecepatan rendah, tetapi hanya memerlukan waktu sekitar 5 menit bagi pemakai koneksi 3.5G.



0 komentar:

Poskan Komentar

Google
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...