Google
 

BLOG DUNIA BARU DI INTERNET

Semula, blog hanya diminati kaum remaja, namun kini blog banyak digunakanoleh orang tua, anak-anak bahkan perkumpulan, organisasi, partai dan bisnis. Blog disediakan dsecara gratis, dapat digunakan untuk menampilkan foto dan lukisan, dan bentuknya dapat diganti-ganti semudah memilih menu. Blog juga bisa dimanfaatkan untuk menggantikan rapat RT di kampung. Sudah saatnya anda memiliki blog.

Sejak beberapa tahun terakhir ini, banyak orang memiliki situs pribadi dengancara yang gampang, yaitu dengan blog. Blog berasal dari kata Web Log yang artinya kurang lebih adalah catatan di web, atau mirip buku harian pribadi. Namun, karena kemamouan blog semakin canggih saja, maka blog tak ubahnya situs biasa. Disana pemilik situs mengekspresikan diri, baik melalui gambar, tulisan, maupun link, dan pengunjung dapat memberi tanggapan secara langsung.

Selain itu terdapat fasilitas tambahan (disebut widget atau gadget atau add-in), yang merupakan kelengkapan standard web saat ini, diantaranya adalah kalender, pencarian kata, hit (petunjuk jumlah pengunjung), link ke situs lain, dan masih banyak lagi. Dengan fasilitas-fasilitas ini, web menjadi benar-benar tampak profesional, tidak terlihat lagi kalau sebenarnya dibuat oleh seorang pemula yang baru saja belajar membuat web, namun tidak terlalu mengetahui teknik pemrograman atau bahasa HTML sama sekali.

Blog disediakan secara gratis. Beberapa web yang terkenal diantaranya adalah www.blog.com, www.blogger.com, www.wordpress.com, dan masih banyak lagi. Bahkan ada yang disediakan khusus untuk menampilkan foto-foto pribadi,diantarnnya adalah www.flickr.com dan www.friendster.com. Untuk membuat situs syaratnya cukup mudah, yaitu pengunjung harus memiliki sebuah alamat e-mail (yang banyak tersedia versi gratisnya). E-mail ini akan digunakan untuk mengirim tanggapan dari pengunjung situs (meski biasanya tanggapan pengunjung juga dapat dilihat langsung di situs blognya).

Pada tahap awal mulai dikenalkan, pemakai web justru kebanyakan dari kalangan remaja. Mengapa demikian? Meski tidak ada penelitian yang dipublikasi, tetapi agaknya blog cocok untuk dunia remaja. Tampilan blog dapat diganti-ganti setiap saat semudah memilih menu. Padahal, tampilan blog juga sangat bervariasi,ada yang kalem dan anggun, ada yan serius, ada juga yang terkesan dinamis dan ceria. Pemilik blog dapat mengubah-ubah tampilan situsnya setiap saat, tanpa membuat isi blognya berantakan.

Blog meupakan satu tempat virtual untuk mengekspresikan diri para pemiliknya. Pemilik blog dapat menulis perasaan pribadinya, kisah perjalanan hidup, ide-ide, atau apa saja yang ada dalam benaknya. Mereka lalu saling mengunjungi blog teman-teman yang lain, baik yang dikenalnya disekolah maupun yang dikenalnya di Internet. Mereka lalu saling menanggapi. Inilah yang menjadikan meeka nyaman mengekspresikandiri mereka.

Pada perkembangan berikutnya, blog juga mulai dimanfaatkan oleh pengunjung yang semakin bervariasi, termasuk kalangan tua, dan akhir-akhir inijuga kalangan anak-anak (seusia SD). Blog tidal lagi digunakan untuk keperluan pribadi, tetapi tidak kalah banyaknya juga digunakan untuk organisasi atau klub.

Meski blog bersifat gratis dan isinya bebas, namun seperti biasanya, pengunjung harus mematuhi etika umum yang berlaku di seluruh dunia. Pertama, tidak boleh menampilkan gambar atau tulisan berbau pornografi. Kedua, tidak boleh menyerang dan melanggar privasi orang atau perusashaan. Ketiga, tidak untuk keperluan yang berkaitan dengan kejahatan maupun terorisme. Meski demikian, bila Anda memanfaatkannya untuk bisnis atau usaha promosi, masih dimungkinkan.

Alasan Memiliki Blog

Mengapa blog semakin populer dan semakin diminati pengunjung Internet? Ada beberapa alasan.

Pertama, karena mudah membuatnya. Pengunjug tinggal masuk ke salah satu situs blog (misalnya saja www.wordpress.com untuk kata-kata atau www.flickr.com untuk gambar), lalu mendaftar (Sign-up), memilih bentuk tampilan, dan terakhir mengisi tulisan dan/atau foto diakhiri dengan menklik save, Publish, atau Upload. Selanjutnya situs pribadi sudah dapat dikunjungi teman-teman di seluruh dunia. Anda dapat membuatsitus blog kurang dari satu jam, dengan menyewa komputer di warnet seharga semangkuk bakso.

Kedua, karena alamt bisa mengunakan nama pribadi, misalnya http://www.purbiyanto.blogspot.com atau http://www.flickr.com/photos/purbiyanto. untuk mendapatkan nama ini pengunjung tinggal memilih. Kalau sudah keduluan orang lain, kita harus menggunakan nama lain. Kalaupun Anda belum berniat membuat blog pribadi sekarang, alangkah baiknya Anda segera daftar, paling tidak agar nama Anda tidak digunakan orang lain yang kebetulan mempunyai nama sama.

Ketiga, praktis, karena pemilik blog tidak perlu mengetahiu bahasa pemrograman (misalnya HTML ASP, PHP, dsb) pengunjung hanya perlu menulis dan meng-upload (mengirim) foto. Bahkan kini bebrapa merk ponsel sudah memiliki sarana untuk memotret dan langsung mengirim ke blog, Jika Anda berwisata ke suatu tempat, memotret, saat itu juga foto Anda sudah dapat dinikmati oleh pengunjung situs Andadari seluruh dunia.

Keeempat, tidak perlu mendaftar ke perusahaanpenyedia jasa Internet (web-hosting), yang meskipun banyak juga yang gratis, tetapi biasanya aksesnya lambat dan umur perusahaan juga seringkali perlu dipertanyakan. Belum lagi kerahasiaan dan keamanan situs blog kita, karena tidak kuatnya perlindungan hukum dalam dunia maya di Indonesia.

Manfaat Blog

Bila Anda ingin segera memiliki situs pribadi di Internet, kini saatnya Anda mendaftar ke salah satu blog, yang menurut anda dapat memenuhi selera Anda. Anda harus memilih apakah mau banyak menyampaikan pesan tertulis (disertai gambar), atau menampilkan banyak foto

0 komentar:

Poskan Komentar

Google
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...