Google
 

BELAJAR BAHASA INGGRIS GRATIS LEWAT INTERNET

Menguasai bahasa asing sekurang-kurangnya satu saja, menjadi dambaan setiap orang. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di berbagai negara di seluruh dunia. Kalau di Indonesia, kebutuhan bahasa Ingris merupakan kebutuhan yang sangat mendesak, karena bahasa ini merupakan bahasa komunikasi global. Di Amerika pun kebutuhan menguasai bahasa asing juga ada, karena di berbagai sekolah juga diselenggarakan pelajaran bahasa asing, terutama bahasa Spanyol dan bahasa Cina.

Belajar bahasa asing bisa dibilang gampang-gampang susah. Ada berbagai orang yang sudah kursus beberapa kali, tetapi masih saja merasa minderkalau menghadapi orang asing. Ada juga yang merasa tidak punya waktu, atau setidak-tidaknya sulit mencocokkan waktu kursus dengan kegiatan sehari-hari, sehingga tidak pernah bisa kursus. Kalau ada yang ingin belajar sendiri, binggung caranya bagaimana. Namun kini dengan adanya sarana belajar bahasa Inggris melalui Internet, agaknya Anda dapat belajar dengan mudah.

Meskipun kalau Anda mencari melalui mesin pencari (seperti Google dan Yahoo) dengan kata kunci English Course Online akan dijumpai banyak situs, tetapi salah satu yang cukup baik adalah www.english-online.org.uk Situs gratisan ini menyediakan pelajaran bahasa Inggris dari tingkat yang sangat dasar (bahkan dapat diikuti oleh anak-anak) hingga tingkatlajut. Karena dirancang oleh para pendidik dan ahli bahasa, situs ini memiliki kualitas yang sangat baik.

Bagi para pemula (atau mungkin anak-anak anda) bisa memulai belajar bahasa Inggris dengan mengklik tombol Beginners. Pelajaran akan dimulai dengan penunjukan alfabet yang disertai dengan tanda-tanda binatang. Disinilah kelebihan situs ini, karena banyak menggunakan gambar, sehingga pengunjung tidak merasa sedang belajar, tetapi lebih merasa sedang bermain. Cara ini tentu menyebabkan para peserta tidak cepat bosan. Setelah Anda belajar, Anda dapat menguji pemahaman Anda dengan menjawab pertanyaan, yang lagi-lagi banyak menggunakan gambar.situs akan menampilkan gambar binatang secara acak dan Anda diminta menulis huruf pertama nama binatang tersebut.

Masih pada tingkat pemula, ada bagia yang memperkenalkan kata ganti orang (he, she, I dan sebagainya). Lagi-lagi, pelajaran ini juga disampaikan dengan menggunakan banyak gambar dan dan hampir-hampir tidak ada tulisan. Dengan demikian, peserta belajar akan segera tahu maksudnya bahwa ‘kami’ (we) berbeda dengan ‘kamu’ (you). Pelajaran personal pronouns ini juga dilengkapi dengan penggunaan kata kerja (verbs).

Pada tingkat-tingkat yag lebih tinggi pelajaran akas semakin rumit dan tidak hanya sekedar satu dua kata dan kalimat, tetapi sudah melibatkan paragraf. Pelajaran diawali dengan uraian dan dilengkapi dengan contoh-contoh yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Peserta juga akan dineri penjelasan perbedaan arti masing-masing ungkapan, misalnya apa bedanya I Have Forgotten dan I Forgot. Selain itu juga disediakan latihan dengan berbagai metode, apakah menebak kata, menyusun kalimat, menentukan uraian kata, dan sebagainya.

Kelemahan situs ini pada bagian yang mendengarkan suara (pronounciaton), pada saat artikel ini ditulis, bagian ini baru saja ditambah beberapa hari yang lalu, sehingga belum cukup lengkap, meskipun sudah ada 10 bagian. Dalam beberapa waktu kedepan, pasti fasilitas ini akan terus ditambah dan diperbaiki.

Situs lain yang juga dapat digunakan untuk belajar bahasa Inggris adalah www.1-language.com dan bahkan bila Anda sudah bisa bahasa Inggris tetapi ingin memperdalam bahasa Inggris untuk bisnis, anda perlu mengunjungi www.businessenglishuk.org.uk.

Kalau kita telusuri, ternyata banyak situs di Internet yang menyediakan layanan belajar bahasa Inggris secara Cuma-Cuma. Anda yang sudah memiliki koneksi Internet di rumah, tidak ada alasan lagi untuk tidak dapat belajar bahasa Inggris, karena kini Anda dapat mengatur waktu belajar Anda. Di sisi lain, kini juga menjadi tantanganbagi para pengajar bahasa Indonesia, untuk segera membuat situs serupa.

6 komentar:

dchoice mengatakan...

terimakasih. blog anda sudah saya baca. sangat membantu bagi saya yang ingin menguasai bahasa inggris,. minimal bisa ngobrol dengan orang asing

Anonim mengatakan...

info bagus gan , kebetulan dari dulu ane pngen belajar bhs bule !!
trim gan buat infonya

-kumizcribs

Anonim mengatakan...

trimakasih, ini ngebantu bgt..

Anonim mengatakan...

thanks banget buat bloknya gan
:)

John mengatakan...

nice tips. http://forty-sixenglish.blogspot.com/

Bahasa inggris online mengatakan...

nice info ... semoga yang punya blog sehat selalu

Poskan Komentar

Google
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...