Google
 

Bagaimaan Kita Bisa Terkenal, Inilah Caranya.....

Belakangan ini kian marak artis dan selebritis karbitan yang “dilahirkan” oleh industri pencari bakat di dunia, khususnya melalui industri televisi. Nah, ternyata selebritis karbitan ini juga bisa muncul dari dunia Teknologi Informasi alias TI. Melalui jaringan komputer dan Internet pun, para pekerja dan peminat IT memiliki kesempatan yang besar untuk memjadi terkenal layaknya selebritis. Apalagi, saat ini teknologi Internet tidak kalah hebatnya dengan teknologi televisi.

Tahapan menjadi selebritis IT bisa dimulai dengan yang sederhana, cukup dengan memiliki jiwa IT. Dengan memiliki jiwa IT selajutnya anda akan tergila-gila dengan komputer dan Internet yang kemudian membawa Anda menjelajahi dunia maya sekaligus terkenal.
Jika Anda tertarik mejadi selebritis IT, minimal ada selapan cara selebritis IT yang bisa Anda coba :

1. Ikuti Milis
Dengan mendaftar sebagai anggota suatu milis, Anda otomatis akan mendapat topik-topik perbincangan yang sedang aktual dari topik milis yang Anda ikuti. Pelajari kultur dan aturan milis yang diterapkan oleh moderator milis tersebut. Lalu sering-seringlah melakukan posting sesuai bahasan topik.

2. Ikuti Forum
Forum hampir sama dengan Milis, hanya saja perbedaannya yaitu, untuk forum bekerja pada dataran Websitei. Pada forum jumlah posting Anda akan dicatat, sehingga anda memiliki kesempatanuntuk menduduki jabatan sebagai moderator. Selain itu banyak forum-forum Internasional di mana di sana berkumpul para ahli-ahli dibidangnya sehingga dengan aktif dalam forum tersebut bisa jadi nama anda telah dicatat dan anda memiliki kesempatan dan mendapat relasi yang luas.

3. Membuat Web Pribadi
Dengan Booming-nya era teknologi informasi saat ini, yang berkesempatan memiliki website tidak hanya perusahaan-perusahaan saja, tetapi setiap individu memiliki kesempatan memilikinya. Hal ini bisa menjadi sarana mejual diri dengan mencantumkan informasi detail Anda. Apalagi mencantimkan Curriculum Vitae (CV) eshingga kompetisi Anda bisa diketahui masyarakat Internasional. Anda juga bisa mendapatkan blog secara gratis di beberapa penyedia blog, seperti blogger.com, blogspot.com, wordpress.com. Lalu, mulailah mencantumkan data pribadi Anda bahkan tulisan-tulisan Anda.

4. Membangun Komunitas
Komunikasi Internet atau yang biasa disebut sebagai Virtual Communities tidaklah sedikit. Komunikasi di Internet terbentuk dengan sendirinya, bukan merupakan hasil paksaan dari pemilik web. Apalagi komunitas telah terbentuk dengan baik, Anda dapat menawarkan fitur keanggotaan untuk mendapatkan keuntungan lainnya, misalnya komunikasi antar anggota, berkontibusi dalam penulisan artikel, atau mendapat fitur-fitur web lainnya.

5. Bagi-bagi Gratis
Metode menggratiskan software prototype bukan lagi barang baru. Sejak lama para pengguna IT senang untuk menggratiskan software buatannya dan menyebarkan di Internet. Hal ini bukan kampanye anti Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI), tetapi ini hanya sebagian sarana untuk bertukar ilmu. Hal ini juga menjadi media untuk mempromosikan kompetisi anda.

6. Tidak Pelit Ilmu
Kita bisa membagi ilmu kita dengan membuat sebuah artikel lalu mengirimkannya melalui milis atau mempostingnya pada forum ataupun menuliskannya apa blog atau website pribadi kita. Secara otomatis mesin pencari web (search engine) akan mengindeks website dan milis kita, sehingga artikel kita dapat dinikmati oleh pengguna Internet. Secara otomatis nama Anda akan semakin dikenal dikhalayak pengguan Internet.

7. Ikuti Seminar
Menjadi terkenal dibidang IT tentu saja tidak hanya berhadapan dengan komputer dan jaringan Internet, tetapi ada hal-hal lain yang mesti dilakukan dengan cara menghadiri seminar atau berbagai pelatiha dan workshop. Jangan lupa bawa kartu nama! Siapa tahu Anda bertemu dengan pemilik modal ataupun pekerja IT dari instansi lain.

8. Dekat Dengan Media Masa
Media masa baik cetak maupun elektronik merupakan salah satu jalan akselerasi bagi ketenaran Anda. Ketika media massa telah mengekspose Anda, maka secara otomatis Anda dapat dikenal oleh para pemilik informasi. Nah, kedelapan cara tersebut akan menjadikan Anda lebih bernilai alias selebritis IT. Selamat mencoba (N. Pu



0 komentar:

Poskan Komentar

Google
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...