Google
 

Apa dan Siapa Wikipedia Itu

WIKIPEDIA semulaadalah sebuah proyek penyusunan ensiklopedia yang disediakan secara ratis di Internet, melalui alamat www.wikipedia.org. Setiap pembaca boleh memasukkan entri baru atau menyunting entri yang sudah ada di sana (yang ditulis orang lain). Ensiklopedia sendiri merupakan kumpulan tulisan panjang lebar, mengenai sebuah topik.

Namun kini Wikipedia sudah berkembang menjadi suatu jaringan raksasa yang hanya menyediakan ensiklopedia, tetapi sudah meluas ke layanan lain. Layanan lain di luar Wikipedia adalah Commons, Wikiquote, Wikispecies, Wikinwes, Wikibooks, Wikiversity, Wikitionary, Wikisource, Meta-Wiki. Dengan demikian, ada 10 layanan bersar yang disediakan oleh Yayasan Wikimedia.


Commons adalah layanan yang menyediakan berbagai bahan ajar, mulai dari gambar, skema, peta, film, animasi dan berbagai alat peraga. Anda dapat mengambil gambar syarat (penuh warna), foto fosil, peta suatu daerah,dan sebagainya.

Wikiquote menyediakan berbagai pendapat atau kata-kata bijak dari para tokoh di dunia, sejak ratusan tahun yang lalu. Topiknya segala macam, menyangkut kehidupan umat manusia.

Wikispecies berisi daftar spesies yang ada di dunia, mulai dari binatang, tanaman, jamur, bakteri, dsb. Hingga saat ini, sudah lebih dari 100.000 artikel (dilengkapi dengan gambar) ada di ditus ini.

Wikinews, berisi berita-berita terkeni yang sedang hangat di seluruh dunia. Waktu artikel ini saya tulis, di situs ini ditujukan proses peningkatan badai Felix dari tingkat 4 menjadi tingkat 5.

Wikibooks menyediakan berbagai buku digital yan gmeliputi berbagai topik, mulai dari biologi, bisnis, Komputer, masak-memasak, sejarah, seni, dsb..

Wikversity menyediakan berbagai bahan ajaran, khususnya untuk tingkat perguruan tinggi. Di sana tersedia bahan kuliah dari berbagai bidang ilmu. Dan yang paling akhir banyak dikirim ke sana adalah teknik pembuatna film. Kerena mmasih baru, belum banyak bahan ajar yang tersedia (masih kurang dari 5.000 bahan), tetapi mengingat bentuknya adalah film dan animasi dengan kualitas yang baik, jumlah ini sudah lumayan banyak, dan akan bertambah terus.

Wikitionary adalah layanan kamus digital dalam berbaai bahasa (kini sudah lebih dari 350 bahasa) dengan entri sebanyak 500.000 lebih

Wikisource adalah layanan yan gmenyediakan berbagai bentuk publikasi (bukan hanya buku) yang berasal dari berbagai komunitas dan perpustakaan perpustakaan di seluruh dunia. Hasil sidang dari pengadilan (terutama pengadilan AS), undang-undang berbagai negara, karya-karya para tokoh terkenal dunia, dapat Anda temukandan ambildari situs itu.

Meta-Wiki, digunakan sebagai pusat pengelolaan berbagai layanan yang dibawah yayasan Wikimedia. Di sana dapat ditemui berbagai software, mein pencari, pola (template), izin mengutup, pengelolaan user, struktur organisasi, dansebagainya, yang tidak tercakup di layanan Wikimedia lainnya.

Yayasan Wikimedia yang nirlaba ini berkedudukan di St. Petersburg, Florida, AS. Meskipun didirikan pada tahun 2001, tetapi baru diumumkan keberadaannya pada tahun 2003 dan setahun kemudian disetujui oleh Internal Revenue Service (Kantor Pajak AS) menjadi institusi pendidikan. Dengan situ ini, semua sumbangan yang diserahkan kepada yayasan Wikimedia dapat dikurangkan dari pajak terutang, baik oleh wajib pajak badan maupun perorangan.

Yang kita pelajari dari layanan dari Yayasan Wikimedia adalah semua layanan itu bersifat “dari, oleh dan untuk anggota” . Namun semua pihak yang melibatkan diri, tidak mengharapkan untuk memperoleh uang atau membayar uang. Layanan ini didasari oleh semangat kerjasama, tanpa mempedulikan SARA. Siapapun boleh menyumbang tulisan, sependek apapun tulisannya (meski hanya satu kalimat). Siapapun juga boleh mengambil bahan dari sana.

Meski ada orang-orang yang jahil, yaitu memanipulasi isi suatu tulisan atau artikel tetapi akhirnya segera ketahuan oleh pengunjung yang lain, dn pengunjung ini akan mengoreksi tulisan kembali ke isi yang benar.

Wikipedia juga sudah menyediakan layanan dalam berbagai bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Bahkan beberapa daerah di Indonesia, ada situs khususnya, misalnya Wikipedia Banyumas, jawa, sunda, dsb. Entah siapa yang memulai, tapi yang jelas, penyumbang dan pengirim artikel ini pastilah orang-orang yang berbahasa daerah Indonesia tersebut.

Ada baiknya kita segera memanfaatkan situs-situs layanan yang diselenggarakan oleh Yayasan Wikimedia tersebut.






0 komentar:

Poskan Komentar

Google
 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...